Perkembangan teknologi yang terus berkembang dengan sangat cepat membuat segala aspek kehidupan terpengaruhi baik dari sisi positif maupun negatif. Dinas Pendidikan Aceh melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil (Cabdin Susi) telah mengambil langkah lebih awal dalam memanfaatkan teknologi untuk aspek pendidikan.

Hadeer aplikasi presensi digital sekolah

Hadeer adalah aplikasi presensi digital bagi guru dan kepala sekolah yang menjadi pilihan Cabang Dinas Pendidikan untuk mengelola manajemen administrasi presensi guru dan kepala sekolah yang berada dinaungannya.

Hadeer adalah aplikasi yang sangat sederhana namun memiliki fitur yang dianggap mampu membantu cabang dinas pendidikan dalam hal ini bidang kepegawaian untuk mengelola adsministrasi tersebut, dimana aplikasi ini memiliki beberapa fitur sederhana, diantaranya:

  1. Presensi menggunakan Webcam + Smartcard 125khz
  2. Laporan presensi dilengkapi dengan photo hasil presensi
  3. Laporan bulanan yang menampilkan jumlah (Hadir, Terlambat, Izin, Sakit)
  4. Jam presensi yang dapat disesuaikan oleh cabang dinas pendidikan
  5. Notifikasi kehadiran guru kepada kepala sekolah melalui whatsapp

Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, maka cabang dinas pendidikan dapat memantau kondisi sekolah dengan melihat berapa jumlah guru yang hadir, tidak hanya cabang dinas, kepala sekolah juga dapat memantau keadaan sekolahnya dengan melihat jumlah guru yang hadir dan jam berapa hadir melalui pesan whatsapp yang dikirim otomatis ke whatsapp kepala sekolah.

Aplikasi Hadeer terus dikembangkan untuk dapat memfasilitasi guru-guru dan sekolah dalam melakukan presensi dengan mudah.


Artikel ini dibaca sebanyak 428 kali
#Hadeer #Aplikasi Absensi Sekolah #Cabdin Subulussalam Singkil #Cabdin Singkil